Monday, November 30, 2015

Kalimat Penuh Motivasi dari Luqman Kepada Anaknya



Sebagai orang tua yang bijak cobalah ajari anak - anak Anda sejak masih kecil dengan hal-hal yang baik agar dikemudian hari anak Anda akan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua dan tidak pula menyusahkan orang tua. Jangan pula kita biarkan mereka mempelajari hal-hal yang buruk apalagi malah kita yang mengajarkannya. Mungkin kita bisa saja memulainya dengan menceritakan kisah-kisah para nabi dan rasul serta para sahabat. Dengan begitu semoga bisa menjadi suatu motivasi baginya untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Berikut ini merupakan kisah yang mungkin cocok untuk Anda ceritakan untuk menjadi motivasi bagi anak-anak Anda. 

 
"Anakku, jika makanan telah memadati perutmu, maka akan matilah pikiran dan juga kebijaksanaanmu. Seluruh anggota tubuhmu akan malas untuk mengerjakan ibadah, dan hilang pulalah ketulusan dan kebersihan hati. Padahal hanya dengan hati bersih manusia dapat menikmati lezatnya berdzikir."

"Anakku, jikalau semenjak kecil engkau rajin belajar dan menuntut ilmu. Maka dewasa kelak engkau akan memetik buahnya dan menikmatinya."

"Anakku, ikutlah engkau kepada orang-orang yang sedang menggotong jenazah, jangan engkau ikut orang-orang yang hendak pergi ke pesta pernikahan. Karena jenazah akan mengingatkan engkau kepada kehidupan yang akan datang. Sedangkan pesta pernikahan akan membangunkan nafsu duniamu."

"Anakku, aku sudah pernah memikul batu-batu besar, aku juga sudah pernah mengangkat besi-besi berat. Tapi belum pernah kurasakan sesuatu yang lebih berat daripada tangan yang buruk perangainya."
"Anakku, aku belum merasakan semua benda yang pahit. Tapi tidak pernah kurasakan ada yang lebih pahit dari kemiskinan dan kehinaan."

"Anakku, aku telah mengalami penderitaan dan bermacam kesusahan. Tetapi aku belum pernah merasakan penderitaan yang lebih susah daripada menanggung hutang."

"Anakku, sepanjang hidupku aku terus berpegang kepada delapan wasiat para nabi. Kalimat itu ialah:

1. Jika engkau beribadah pada Allah, jagalah pikiranmu baik-baik.
2. Jika engkau berada di rumah orang lain, maka jagalah pandanganmu.
3. Jika engkau berada di tengah-tengah majelis, jagalah lidahmu.
4. Jika engkau hadir dalam jamuan makan, jagalah perangaimu.
5. Ingatlah Allah selalu.
6. Ingatlah maut yang akan menjemputmu
7. Lupakanlah budi baik yang kau kerjakan pada orang lain.
8. Lupakanlah semua kesalahan orang lain terhadapmu."

Nah, buat para orang tua apakah kita sudah mengajarkan anak kita kalimat di atas? jikalau belum mulailah dari sekarang untuk mengajarkannya semoga saja akan menjadi motivasi hidupnya untuk berakhlak yang baik, tunjukanlah kasih sayang Anda sebagai orang tua kepada anak dengan mengajarkannya kalimat-kalimat penuh inspirasi, dan kelak Anda juga yang akan memperoleh hasilnya.
 
Baca juga disini

Mungkinkah Ini Bukti Zayn Malik dan Gigi Resmi Berpacaran?

Setelah tidak beberapa lama putus Joe Jonas, Gigi Hadid justru kini dikabarkan sedang dekat dengan salah seorang mantan personel One Direction, Zayn Malik. Entah bagaimana ceritanya, sesuai dengan rumor yang beredar, dua sejoli ini kini memang sudah benar-benar menjadi sepasang kekasih.
Rumor ini juga diperkuat dengan munculnya berbagai potret dari mereka yang tertangkap kamera saat sedang berkencan. Tak lama setelah itu, khalayak publik pun dibuat terus penasaran dengan status yang mereka jalin sebenarnya.
Seperti yang dikutip dari Daily Mail, Zayn juga baru saja mengunggah sebuah potret selfie nya ke akun Twitter miliknya. Disana kelihatan ia sedang memakai kacamata.


Zayn pakai kacamata miliknya gigi? Apa benar mereka sudah pacaran? © twitter.com/Zayn Malik

Kacamata ini juga pertama kali digunakan oleh Gigi pada saat ia sedang pergi kencan dengan Zayn saat itu, tepatnya di The Nice Guy, Hollywood pada Selasa (24/11) kemarin. Tak heran jika akhirnya foto inipun langsung menjadi perbincangan para follower-nya di Instagram miliknya.
Salah seorang follower-nya menuliskan komentar, "Zayn sedang kenakan kacamata milik Gigi di foto selfie itu, bye." Komentar itupun diikuti dengan beragam komentar yang menjadikannya sebagai bahan perbincangan.
Sampai saat ini, belum ada respon baik dari Gigi maupun Zayn enggan memberikan konfirmasi kepada media terkait dengan status mereka yang sebenarnya bagaimana. Kalau sudah begitu sih, mungkinkah kacamata ini merupakan bukti jika sebenarnya mereka sudah menjadi sepasang kekasih? Hmm, kalau menurutmu bagaimana?

ISIS Mulai Panik Setelah Diserang AS, Rusia, dan Prancis


Para awak teroris ISIS tampaknya mulai mengalami ketakutan akan kemarahan Rusia yang terus mengebom jantung pertahanan mereka. Setelah sebelumnya jet tempur Su-24 jatuh di tembak oleh Turki.


Rusia juga kemarin melakukan berbagai kampanye bom ke para pemberontak tersebut berdekatan dengan lokasi jatuhnya pesawat miliki mereka Su-24.

Serangan udara ini juga diikuti oleh Amerika Serikat dan Perancis yang membuat militan ISIS semakin merasa terancam keadaannya, setelah peristiwa di paris silam bukan hanya datang dari udara serangan pun datang dari dunia maya yang gencar di lakukan para hacker ke situs-situs mereka.

Salah satu dari penduduk Raqqa, wilayah yang saat ini dikuasai ISIS, mengatakan, "Banyak militan ISIS dan juga polisi agamanya mulai ketar-ketir (panik)."

"Mereka itu mengira pesawat tanpa awak milik Anda itu mampu memberitahukan siapa Daesh (istilah lain dari ISIS) itu, siapa saja yang membawa senjata."

Menurut dari warga yang tidak mau disebutkan namanya itu, beberapa dari para militan ISIS bahkan juga enggan membawa senjata mereka pada waktu siang hari. Mereka juga memakai pakaian warga sipil saat berkeluaran demi menghindari menjadi target sasaran.

"Mereka tidak menggunakan pakaian militer khas Daesh," katanya.

Sebagian dari militan ISIS juga mengalami ketakutan untuk melakukan eksekusi mati terhadap para sandera di depan banyak kerumunan orang. Mereka takut akan menjadi target serangan bom dengan pesawat tempur F16.

"Melawan para warga sipil, mereka memang melakukannya sangat berani. Namun, ketika ada jet tempur dan pesawat pengebom datang dari Barat, mereka ketakutan." Jelasnya.

Provinsi dengan Jumlah Jomblo Terbanyak di Indonesia

Kata “jomblo” tidak akan Anda temukan di KBBI. Akan tetapi, tanpa melihat dari kamus, hampir semua orang sudah tau apa itu jomblo. Di dunia inipun seorang jomblo juga bahkan dihadiahi taman oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Entah karena banyaknya jomblo di kota tersebut sehingga mendapatkan hadiah Taman Jomblo yang berada di bawah Jembatan Pasopati? Baiklah berikut ini merupakan provinsi dengan populasi jomblo terbesar di Indonesia seperti yang dikutip liputan6.com
 

 Provinsi dengan populasi jomblo terbesar

Seperti menurut hasil di atas Sumatera Utara menempati urutan teratas soal ini, baik laki-laki maupun perempuan sama saja Sumut adalah provinsi populasi jomblo tertinggi di Indonesia mungkinhal ini ada kaitannya dengan salah satu prinsip hidup mereka yaitu pantang menikah sebelum hidup mapan. Di Sumut dengan rata-rata nya yang di atas 8.5% di ikuti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, NTT, Sumatera Selatan, dan Lampung untuk yang cowoknya. Sedangkan yang cewek yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, NTT, Sulawesi Selatan, Aceh, dan Banten.


Menurut hasil survei yang diambil dari laki-laki dan perempuan berusia 18-29 tahun, bahwa hanya 8% jomblo pria dan 23% jomblo perempuan yang mempunyai tingkat pendidikan setara diploma & sarjana. Ini membuktikan bahwa banyak perempuan dengan pendidikan tinggi yang masih hidup jomblo, ada apa sebenarnya dengan mereka?
Di era Lee Kuan Yew, Singapura pernah menerapkan aturan agar pria memilih wanita untuk di nikahinya adalah perempuan dengan pendidikan tinggi bahkan pemerintah di sana akan memberikan subsidi untuk mereka. Akankah perlu hal tersebut di terapkan di Indonesia? karena miris jika melihat banyak perempuan berpendidikan tinggi di Indonesia tapi masih banyak yang menjomblo. Dari hasil tersebut sekitar 0.8% pria dan 0.9% perempuan sudah memiliki aset pribadi berupa rumah ataupun mobil. Lalu, sekitar 8.9% jomblo pria dan 6.5% jomblo wanita memiliki penghasilan yang rata-rata diatas Rp 6 juta rupiah perbulannya.

Tips Untuk Bisa Berhenti Merokok



Sebenarnya pada tiap diri seorang pecandu rokok tentu pernah terlintas untuk berhenti mengonsumsinya. Walaupun sulit mereka sebenarnya sadar akan bahaya yang terkandung di dalam rokok tersebut, banyak cara yang telah mereka lakukan mulai dari untuk mengurangi porsi merokoknya dalam sehari hingga menggantinya dengan permen atau sebagainya. Akan tetapi, jika rasa candu itu datang mereka sulit menolak untuk mengonsumsinya bahkan ada yang merasa kepala mereka akan pusing jika berhenti total dalam mengonsumsi rokoknya.


Aktivitas merokok ini telah dikaitkan dengan lebih dari 24 jenis penyakit yang mengancam mereka.
Merokok juga merupakan salah satu penyebab utama sejumlah penyakit seperti stroke, serangan jantung, emfisema, bronkitis kronis, dan berbagai kanker, khususnya untuk kanker paru. Sudah berbagai penyuluhan dan seminar tentang cara untuk berhenti merokokpun telah dilakukan, tapi jumlah perokok juga makin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan rokok di Indonesia saat ini telah menempelkan sejumlah gambar-gambar tentang akibat dari merokok tersebut.
Baiklah langsung saja inilah beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba jika ingin menghilangkan kebiasaan merokok Anda.
  1. Cobalah yakinkan diri Anda bahwa dengan berhenti merokok bukanlah hal yang sia-sia. Buat alasan Anda kenapa harus berhenti merokok serta manfaatnya.

  2. Mempelajari kebiasaan merokok Anda dengan mencari tahu kapan Anda akan mulai merokok buat catatan apa saja hal yang membuat Anda merokok, lalu cobalah untuk menghindari hal tersebut.

  3. Pilihlah hari di saat Anda benar-benar akan berhenti total merokok, setelah Anda membuat rancangan untuk berhentinya. Dan, janganlah menundanya usahakan hari tersebut saat Anda sedang tidak ada beban yang membuat Anda stress.

  4. Cobalah sebelum hari itu tiba untuk menyingkirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok baik asbak, korek api, atau pemantik.

  5. Mencari dukungan moril dari orang-orang terdekat Anda, hal ini bisa menjadi salah satu motivasi Anda kenapa harus berhenti merokok.

  6. Buatlah rencana pada saat Anda ingin berhenti total itu, melakukan kegiatan seperti berpergian ke tempat-tempat yang di larang merokok, atau bisa juga dengan melakukan aktifitas olahraga.

  7. Selama dalam minggu pertama Anda yang sulit, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori, dan perbanyak minum air mineral. Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan sebagai cemilan misalnya seledri.

  8. Lawanlah rasa ingin merokok yang selalu menggoda Anda seperti muncul beberapa pemikiran seperti "Saya hanya merokok untuk hari ini saja, besok saya tidak akan mengulanginya lagi","Ada juga kok, perokok berat yang umurnya panjang, tidak apa-apa merokok kan akhirnya saya akan mati juga" tapi Anda harus ingat ’Saya tidak punya kebiasaan buruk lain kecuali merokok!, jika saya berhenti akan banyak manfaat yang saya dapatkan’’

  9. Jika sudah hampir pupus, cobalah untuk menundanya, misalnya katakan pada diri Anda sepuluh menit lagi, setelah itu tunda lagi, sampai hasrat itu padam dan hilang dengan sendirinya.

  10. Tiga bulan pertama itu merupakan masa-masa sulit,jadi cobalah menjaga jarak dengan teman Anda atau para perokok yang bisa saja menggoda Anda untuk merokok.

  11. Jangan tipu diri Anda sendiri bahwa setelah Anda dapat menghilangkan rasa candu, Anda bisa merokok lagi sewaktu-waktu.

  12. Cobalah lawan godaan yang sering muncul seperti "hanya sebatang saja" hal ini akan membuat Anda ingin untuk mencoba sebatang  lagi dan lagi, jangan sampai segala usaha Anda untuk berhenti tersebut semuanya sia-sia.

Jangang pernah takut untuk memulai banyak kok para perokok yang telah berhasil dengan usaha mereka yang gigih dan penuh semangat, Anda juga bisa melakukannya. Jadi, mulailah berhenti sekarang juga.

Sunday, November 29, 2015

Kota yang Semua Penduduknya Wanita Ini Sedang Mencari Pria



Di dunia ini banyak hal unik terjadi seperti di salah satu kota kecil yang keseluruha penduduknya adalah wanita, kota itu adalah Noiva do Cordeiro, Brasil, memiliki sekitar 600 orang penduduk yang secara keseluruhan adalah wanita, konon wanita yang ada di daerah ini adalah wanita yang memiliki paras yang cantik. Usia wanita di kota ini rata-rata masih muda yaitu berusia 20an. Namun, ternyata kini mereka merindukan sosok kehadiran para pria untuk berkunjung di kota mereka itu, dan bersedia untuk tinggal bersama mereka dengan peraturan yang mereka buat.

Seperti yang dipaparkan Kompas.com, sebagian dari para perempuan ini memang telah menikah. Namun, suami mereka bekerja diluar kota dan hanya pulang pada akhir pekan. Di sana juga para anak laki-laki di minta untuk meninggalkan kota tersebut jika mereka sudah mulai beranjak dewasa atau berusia 18 tahun.
Kota keci ini awalnya berdiri pada tahun 1890-an, ada seorang gadis muda yang bernama Maria dan keluarganya dikucilkan oleh gereja Katolik daerah tersebut karena tuduhan berbuat zina.


Pendeta Anisio kemudian melakukan upaya ketat, yaitu melarang warganya minum minuman keras, mendengarkan musik, memotong rambut mereka, atau memakai alat kontrasepsi.
Ketika pendeta Anisio meninggal di tahun 1995, para perempuan disana memutuskan untuk tidak lagi membiarkan para lelaki mengatur kehidupan mereka.Kini para perempuanlah yang berkuasa di kota tersebut dan mengatur segala tatanan kehidupan mereka.
Namun, salah satu warga mereka curhat, Noive de Cordeiro menghadapi satu masalah utama di dalam hidupnya, meskipun berparas cantik, namun mereka kesulitan mencari pasangan hidup. Nelma Fernandes (23), salah seorang warga kota itu juga mengakui dalam mencari kekasih adalah hal yang hampir mustahil untuk para perempuan di kota ini.
“Di sini, pria yang bisa ditemui oleh para perempuan lajang adalah jika tidak sudah menikah ataupun berkerabat dengan kami. Saya saja belum pernah mencium seorang pria,” kata Nelma.
“Kami semua di sini mempunyai impian jatuh cinta dan menikah. Namun, kamipun juga suka tinggal di kota ini dan tak mau meninggalkannya hanya untuk mencari pasangan hidup,” lanjut Nelma.
Kekurangan para pria di kota ini tentu membuat kota tersebut mengundang para pria untuk mendatanginya namunmereka harus bersedia beradaptasi dengan lingkungan perempuan, untuk tinggal di kota kecil itu.
“Kami ingin tahu siapa saja pria yang ingin meninggalkan dunia mereka dan menjadi bagian dari kami. Namun, peraturan pertama mereka juga harus setuju menuruti perintah kami dan hidup sesuai dengan aturan dari kami,” kata Nelma.

Rosalee salahsatu warga disana yakin dalam banyak melakukan hal perempuan jauh lebih baik dibandingkan para pria. Dia mengatakan, jika di tangan para perempuan, kota Noiva do Cordeiro jauh lebih cantik dan terorganisir.


“Saat dalam menghadapi suatu masalah, kami mencoba memecahkan masalah dengan cara perempuan. Kami mencari solusi dan bukannya konflik,” lanjut Rosalee.
“Kami juga berbagi dalam semua hal, bahkan tanah yang menjadi tempat kami bekerja. Tak ada persaingan di antara kami semua. Hal yang dilakukan itu semata-mata demi kebersamaan,” tambah dia.
Kehidupan yang ada di Noiva do Cordeiro memang sangat menyenangkan dan nyaris tidak ada kekurangan. Satu-satunya kekurangan dari kota ini yang dirasakan para perempuan di sana ialah kehadiran dari para pria yang tuls menyayangi mereka.

Presiden Korut Mengharuskan Pria Rambut Pendek Sepertinya




Negara yang merupakan tetangga dari Korea Selatan ini, ternyata tidak mau kalah dalam hal nya penampilan. Di Korea Utara telah menerbitkan aturan untuk gaya rambut bagi laki-laki di negaranya tersebut. Aturan tersebut merupakan perintah untuk mengikuti gaya rambut presiden mereka saat ini yaitu Kim Jong-un.
Seperti yang di jelaskan di dalam surat kabar Chosun Ilbo yang terbitkan oleh Korea Selatan menjelaskan pihak berwenang di Ibu Kota Korea Utara itu telah mengeluarkan perintah untuk pria, yaitu harus menjaga rambutnya untuk tetap pendek dan maksimal 2 cm.
Masalahnya, Usai mencukur rambut seperti itu, untuk para pria juga di terapkan aturan menyeleneh yang lain yaitu mereka tidak diperbolehkan untuk meniru gaya rambutnya Kim Jong-un.


Seperti yang dijelaskan tempo.co dari Laman The Telegraph, aturan tersebut bukan hanya untuk laki-laki. Perempuan di Kora Utara juga diperintahkan untuk mengadopsi gaya rambut Ri Sol-ju, istri Jong-un. Tetapi aturan ini dikecualikan untuk para penghibur. Namun mereka juga dilarang untuk mengadopsi gaya rambut istrinya itu.

“Pihak berwenang begitu bersemangat menegakkan aturan pada rambut panjang, mahasiswa Universitas terlihat berjalan berkeliling dengan seseorang yang memegang gunting dan memotong rambut mereka,” jelas Chosun Ilbo melaporkan.
Para pengamat mengatakan bahwa gaya rambut Jong-un saat ini mengambil gaya rambut awal Kim Il-sung, kakeknya yang merupakan pendiri Korea Utara.

Saturday, November 28, 2015

21 Jenis-Jenis Ciuman


Berikut ini tips jenis-jenis berciuman yang mesti dicoba, jika kita sudah mempunyai pasangan yang halal ya.

1. Cheek Kiss

Ciuman ini biasanya diberikan saat kencan pertama untuk menyatakan “aku suka padamu”. Ciuman pipi ini bisa semakin mesra asal saja kalian tahu caranya, letakkan lah tangan kalian di atas pundaknya lalu sebelum menciumnya usaplah dulu pipinya dengan bibir kalian, lalu lakukan dengan penuh kelembutan.

2. Eskimo Kiss

Ciuman ini dilakukan dengan cara saling menggosokkan hidung kalian dengan pasangan kalian. tetapi biar lebih seru dan seperti di Eskimo, coba lakukan itu di depan kulkas yang sedang terbuka!

3. Butterfly Kiss

Mencium bagian dari tubuhnya dengan mengedip-ngedipkan bulu mata kita sehingga pasangan kita akan terasa geli. Ciuman ini juga bisa diberikan di pipi, ujung bibir, dahi ataupun perut.

4. Eyelid Kiss

Sementara jika pasangan kalian masih terlelap, cobalah cium kelopak matanya yang sedang tertutup dengan sangat perlahan dan penuh kemesraan. Ciuman ini memang sederhana tetapi bisa berarti sangat mendalam bagi pasangan Anda.

5. Freeze Kiss

Cobalah ciuman dengan menempelkan es batu dibibir. Memang dingin tapi menyenangkan! Ada pula cara lain yang tak kalah seru dari itu, yaitu kalian dan pasangan berciuman serta sambil memainkan es batu dengan lidah di dalam mulut. Rasakan sensasi dinginnya!

6. Earlobe Kiss

Mulailah cium pasangan kalian itu tepat di telinganya, tetapi jangan ada bersuara! kamu cukup dengan hembusan nafas kamu saja karena jika dengan suara kalian akan membuatnya terperanjat.

7. Quickie Kiss

Ciuman singkat ini biasa nya diberikan jika pasangan kalian sedang sibuk dan ingin pergi bekerja. yang dapat kalian berikan di saat itu adalah ciuman ini. Cobalah kecup hidungnya setelah itu kecup bibirnya. Ciuman ini juga hanya membutuhkan waktu tidak satu detik saja!

8. The Whipped Cream Kiss

Jika kalian ingin mencobanya, maka celupkan jari kalian ke dalam whipped cream, lalu jilat jari kalian dengan perlahan. Selanjutnya kalian dan pasangan pun saling berpelukan dan berciuman, ciuman ini terasa manis karena di dalam mulut kalian masih tersisa citarasa dari whipped cream.

9. Foot Kiss

Ciuman ini adalah ciuman romantis yang penuh dengan 'tanda'. Mungkin akan terasa sedikit geli bagi pasangan Anda, tetapi cobalah untuk membuat dia tetap rileks, dan menikmati setiap ciuman kalian. Caranya, pijat-pijat saja dulu kakinya sembari dengan dielus lalu mulailah aksi ciuman kalian dari bawah ke atas.
 

10. Forehead Kiss

Disebut juga sebagai ciuman ibu karena ciuman ini bersifat menenangkan bagi siapa pun. Tak ada ciuman di dahi yang dapat membangkitkan nafsu seseorang.

11. French Kiss

French Kiss atau bisa juga disebut The English Kiss atau Soul Kiss, gaya ciuman yang membutuhkan keahlian kalian dan pasangan dalam memainkan lidah.

12. Fruit Kiss

Ciuman yang menggunakan potongan dari buah (anggur, stroberi, atau yang lainnya). Caranya: Letakkan buah tersebut di antara mulut kalian lalu dekatkanlah mulut kalian pada buah itu. Dan gigit buah setengahnya sampai bibir kalian dan pasangan saling menempel, lalu silahkan berciuman dengan penuh bergairah.

13. Hand Kiss

Cobalah dengan mencium punggung tangan pasangan Anda dengan mesra lalu merambat ke bagian atasnya.

 

14. Lick Kiss

Yakni sebelum melakukan ciuman berlangsung, mainkan lidah kalian pada bibir pasangan. Dan jika suasana makin ‘memanas’ barulah lidah kalian tersebut masuk ke dalam mulutnya. Wow!

15. Talking Kiss

Saat berciuman cobalah untuk mengobrol atau kalian mengucapkan I love you di dalam mulutnya. Hmm, suasana dalam berciuman semakin terasa romantis saat itu.

16. Sip Kiss

Sebelum mencium dia, cobalah untuk mengambil seteguk minuman favorit kalian. Lalu cobalah tumpahkan itu di dalam mulutnya. Setelah itu lumat bibirnya dengan perlahan dan biarkan saja si dia menikmati ciuman kalian.

17. The Buzzing Kiss

Ciumlah yang dilakukan di belakang telingannya dengan perlahan lalu dan lakukan dengan suara geraman dan dengungan mesra menuju ke lehernya. Coba gigit-gigit lehernya dengan perlahan sampai kalianpun menemukan mulutnya.

18. Vacuum Kiss

Ciuman ini dilakukan sambil meniup mulut pasangan Anda hingga sampai pipi penuh dan mengembang. Lalu kempiskan sehingga ada angin bertiup bolak-balik di dalam mulut kalian ke mulut pasangan. Tapi jangan lupa gosok gigi dulu ya dan hati-hati awas masuk angin!

19. Tongue Sucking

Ciuman ini merupakan variasi dari ciuman French Kiss, ketika kalian dan pasangan saat itu saling memainkan lidah, sesekali cobalah hisaplah lidahnya. Pasti si dia akan merasa lebih seksi dari pada biasanya.

20. Nip Kiss

Ciuman ini dilakukan dengan erotis dan penuh sensasi. Saat sedang berciuman, sesekali gigitlah bibirnya. Lakukan dengan benar ya dan jangan lah coba-coba membuatnya menjerit kesakitan.

21. First Kiss

Ciuman yang dilakukan kaku, dan penuh perasaan seperti waktu saat pertama kali kalian berciuman. 

Tips ini tidak dianjurkan bagi yang belum mempunyai pasangan yang sah ya, karena jika kita mempunyai pasangan yang halal tentu hal tersebut jauh lebih indah.

Tips Agar Pacar Selalu Kangen dengan Kamu

Rata-rata pria jika lagi PDKT dengan wanita pasti menampilkan sikapnya yang sangat romantis, penuh perhatian, baik, dan lain-lainnya. Ini dilakukan agar perempuan tersebut terpikat padanya atau untuk modal cinta mereka.
Bukan hanya itu saja, pria yang  lagi PDKT dia pasti selalu lebih sering mengatakan rindu dan selalu ngajak bertemu. Biasanya, mereka rela datang dari jauh main ke rumah cuman untuk ketemuan saja. Katanya itulah pengorbanan cinta, tapi enggak tau sih apa itu tulus atau modus.
Masa PDKT memang dapat membuat wanita mabuk asmara, dikarenakan merasa dikangenin terus-terusan sama si dia. Tapi, coba aja kalau udah jadian bukannya rindu tapi malah keseringan buat ngilang.
Hal ini nih yang harus dicegah oleh para wanita ya. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips agar selalu dikangenin pacar.
  
1. Berdandan yang cantik
Banyak wanita berpikir jika sudah menjadi pasangan tidak perlu lagi untuk berdandan yang cantik di depan dia. Sebenarnya dengan kamu selalu tampil cantik di depan dia akan membuat dia selalu kangen sama kamu. Jadi, buat lah ia selalu ingin melihat wajah kamu yang cantik, sehingga ia selalu kangen ingin ketemuan sama kamu.

2. Habiskan waktu bersama teman
Sering-sering aja menghabiskan waktu kamu dengan teman, jadi kalau misalnya ditanya bilang saja sedang jalan sama teman-teman kamu. Cara ini biasanya efektif saat kamu sering perhatian tetapi dia jarang respon dan kangen sama kamu, dengan kamu tiba-tiba berubah akan membuat dia rindu dengan kamu dan kangen ingin ketemuan. Tapi, kamu jangan abaikan dia, tetap beri perhatian tetapi cukup hanya melalui ponsel.

3. Beri kejutan






Jika kamu menginginkan kekasih kamu selalu kangen dengan kamu, kamu bisa juga dengan memberi kejutan padanya. Buatlah dirinya selalu penasaran dengan kejutan yang akan kamu untuk dia. Dengan begitu, otomatis ia akan selalu merasakan rindu dengan kamu dan kejutan yang kamu buat untuk dia.

4. Tarik ulur
Cobalah tips yang satu ini, tarik ulur perasaannya seperti bermain layang-layang. Disaat dia mengajak kamu untuk pergi kencan, cobalah jangan terlalu sering menerima tawarannya, cobalah kamu untuk menolak tawarannya buat dirinya penasaran apa alasan kamu tidak mau kencan dengannya. Disaat itu dia pasti akan selalu kangen kamu, dan kencan kamu juga akan terasa lebih spesial dengannya.

5. Jujur
Tips terakhir ialah jujur saja kepadanya tentang apa sebenarnya yang kamu rasakan. Cobalah untuk terus terang dan tanyakan saja apa alasan dia tidak lagi kangen dengan kamu. Mungkin saja dia sedang ada masalah sehingga dia bersikap dingin kepadamu selama ini, kejujuran juga bisa membuat hubungan kamu tidak ada kesalah pahaman. Tapi, bisa jadi juga ada sifat dari kamu yang dia tidak suka, jadi intinya kamu juga harus intropeksi diri dulu apa penyebab dia bersikap dingin terhadapmu, jika kamu rasa semuanya baik-baik saja maka mungkin baru kamu tanyakan soal itu kepadanya.

Mungkin sekian tips agar pacar selalu kangen dengan kamu, semoga bermanfaat ya.

Friday, November 27, 2015

Makalah Laporan Pembuatan Sosis Fermentasi




Kata Pengantar
            Puji syukur kehadiran Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Ridho Nyalah, saya bisa menyusun dan menyelesaikan tugas Biologi tentang  pembuatan sosis dengan permentasi ini dengan semaksimal mungkin, dan untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.
Makalah ini Saya selesaika dengan cara mencari – cari data dari internet. Saya berharap semoga dengan selesainya makalah ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan saya, karena saya menyadari wawasan yang saya miliki masih sangat minim.
Saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Anita Ssi yang telah membimbing saya belajar, sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini, walaupun makalah yang saya selesaikan ini masih jauh darisempurna. Saya juga ingin meminta maaf kepada Ibu Anita Ssi, karena masih banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini.   
















Daftar Isi
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan.............................................................................................................................
Bab II Isi

BAB I
Pendahuluan
Sosis atau sausage berasal dari bahasa Latin yaitu salsus yang berarti menggiling dengan garam. Sesuai dengan namanya, sosis merupakan produk olahan daging yang digiling. Pada zaman dahulu, sosis dibuat dengan cara sederhana yaitu daging digiling, dihaluskan, dicampur bumbu kemudian diaduk dengan lemak hingga tercampur rata dan dimasukkan ke dalam selongsong. Selongsong yang dipakai pun masih alami yaitu usus hewan seperti usus sapi atau kambing.
Berdasarkan proses pengolahannya, sosis secara umum dibagi menjadi 5 yaitu:
  • Sosis segar, yaitu jenis sosis yang dibuat dari daging segar yang tidak dimasak dan tidak dikyuring, contoh polish sausage
  • Sosis yang diasap dan dimasak, yaitu sosis yang mempunyai karakteristik sama dengan sosis segar, namun sosis ini diselesaikan dengan pengasapan untuk memberikan flavor dan warna yang berbeda, serta harus dimasak dahulu sebelum dikonsumsi, contoh frankfuter, bologna, knackwurst
  • Sosis masak, yaitu sosis yang dipersiapkan dari satu atau lebih macam-macam daging unggas, contoh beer salami, liver sausage
  • Sosis fermentasi, yaitu sosis yang diproduksi melalui proses fermentasi dengan persiapan paling rumit diantara semua jenis sosis, contoh summer sausage, cervelat, dry salami, pepperoni
  • Sosis daging spesial, yaitu sosis yang dibuat dari daging cacah yang biasanya dimasak atau cenderung dibakar daripada diasap, contoh meat loaves.




Bab II Isi
PEMBUATAN SOSIS “METODE FERMENTASI”
Sosis atau sausage berasal dari bahasa Latin yaitu salsus yang berarti menggiling dengan garam. Sesuai dengan namanya, sosis merupakan produk olahan daging yang digiling. Pada zaman dahulu, sosis dibuat dengan cara sederhana yaitu daging digiling, dihaluskan, dicampur bumbu kemudian diaduk dengan lemak hingga tercampur rata dan dimasukkan ke dalam selongsong. Selongsong yang dipakai pun masih alami yaitu usus hewan seperti usus sapi atau kambing.
Berdasarkan proses pengolahannya, sosis secara umum dibagi menjadi 5 yaitu:
  • Sosis segar, yaitu jenis sosis yang dibuat dari daging segar yang tidak dimasak dan tidak dikyuring, contoh polish sausage
  • Sosis yang diasap dan dimasak, yaitu sosis yang mempunyai karakteristik sama dengan sosis segar, namun sosis ini diselesaikan dengan pengasapan untuk memberikan flavor dan warna yang berbeda, serta harus dimasak dahulu sebelum dikonsumsi, contoh frankfuter, bologna, knackwurst
  • Sosis masak, yaitu sosis yang dipersiapkan dari satu atau lebih macam-macam daging unggas, contoh beer salami, liver sausage
  • Sosis fermentasi, yaitu sosis yang diproduksi melalui proses fermentasi dengan persiapan paling rumit diantara semua jenis sosis, contoh summer sausage, cervelat, dry salami, pepperoni
  • Sosis daging spesial, yaitu sosis yang dibuat dari daging cacah yang biasanya dimasak atau cenderung dibakar daripada diasap, contoh meat loaves.
Selain kelima macam sosis di atas, sosis juga dapat dibedakan menjadi menjadi 3, yaitu:
  • Sosis mentah (rohwurst), dibuat dari daging sapi mentah yang digiling (tanpa proses pemasakan), kemudian ditambahkan kultur bakteri lactobacillus sehingga terjadi proses fermentasi
  • Sosis matang (brunchwurst), dibuat dari daging mentah digiling, diolah, lalu dimasak. Sosis jenis Brunchwurst merupakan jenis sosis yang paling banyak beredar di Indonesia
  • Sosis masak (kochwurst), biasanya dibuat  dari daging tetelan atau hati yang direbus, diolah, dan dimasak lagi.
Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang baik harus mengandung protein minimal 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika standar ini terpenuhi, maka dapat dikatakan bahwa sosis merupakan makanan sumber protein. Hanya saja, karena kadar lemak dan kolesterol sosis yang cukup tinggi, sosis sebaiknya tidak dijadikan menu rutin bagi anak-anak guna mencegah masalah obesitas dan penyakit-penyakit yang mengikutinya dikemudian hari.
Sosis fermentasi merupakan produk sosis yang berasal dari hasil kerja bakteri pembentuk asam laktat, baik yang terdapat dalam daging secara alami, maupun bakteri starter yang ditambahkan. Sosis fermentasi dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sosis kering (dry sausage) dan sosis semi kering (semi dry sausage). Kultur starter yang digunakan pada pembuatan sosis semi kering adalah Pediococcus acidilactici, sedangkan pada sosis kering adalah Lactobacillus atau Pediococcus atau campuran Micrococcus dan Lactobacillus.
Salami merupakan salah satu contoh sosis fermentasi (dry sausage) yang mempunyai karakteristik khusus dengan melibatkan bakteri asam laktat, dengan waktu fermentasi selama 3 bulan, biasanya dikemas dengan diameter yang agak besar dan bentuk adonannya kasar, serta mempunyai flavor tertentu. Salami adalah sosis tradisional ala Italia. Salami biasanya terbuat dari daging cincang, lemak hewan, ternak dan rempah, serta bahan-bahan lain yang ditambahkan bakteri asam laktat dan melalui proses pengasapan. Jenis salami
yang terdapat di pasar antara lain, Lola, B. C. Salami, milano, dan lain-lain.

Proses Pembuatan Sosis Fermentasi
Bahan utama yang digunakan pada pembuatan sosis fermentasi yaitu daging. Selain itu, terdapat bahan-bahan khusus yang ditambahkan antara lain garam, nitrit, gula, rempah-rempah (merica, bawang putih, lada), dan starter. Pada pembuatan sosis fermentasi digunakan casing atau selongsong yang berfungsi sebagai cetakan.
1.  Daging
Daging merupakan sumber protein berkualitas tinggi, mengandung vitamin B dan mineral, khususnya besi. Secara umum dapat dikatakan bahwa daging terdiri dari air dan bahan- bahan padat. Bahan padat daging terdiri dari bahan – bahan yang mengandung nitrogen, mineral, garam dan abu. Kurang lebih 20% dari semua bahan padat dalam daging adalah protein. Bagian potongan daging yang dapat digunakan sebagai bahan baku sosis adalah potongan daging seperti beef short ribs, chuck, dan round pork shoulder. Karakteristik daging yang digunakan adalah yang memiliki daya mengikat air.
1.  Garam
Garam yang digunakan dalam pembuatan produk sosis adalah jenis garam dapur (NaCl), garam tidak hanya berfungsi sebagai pembentuk flavor, namun juga berpengaruh dalam pembentukan karakteristik fisik dan adonan. Garam mempunyai peran yang cukup menentukan yaitu memberikan kelezatan produk, mempertahankan flavor dari bahan-bahan yang digunakan, serta berfungsi sebagai pengikat adonan sehingga mengurangi kelengketan. Selain itu, garam juga dapat membantu mencegah berkembangnya mikroba yang ada dalam adonan. Komposisi garam dalam sosis berkisar 1-3%.
1.  Nitrit
Nitrat merupakan sumber nitrit. Nitrat akan diubah menjadi nitrit kemudian diubah menjadi NO melalui reduksi. Reduksi terjaid karena adanya aktivitas mikrobia. Fungsi dari nitrit adalah menstabilkan warna dari jaringan untuk mengkontribusi karakter dari daging curing untuk menghambat pertumbuhan dari racun makanan dan mikroorganisme pembusuk, menghambat ketengikan, memberi flavor spesifik, efektif mencengah pertumbuhan Clostridium botulinum. Jumlah nitrat/nitrit maksimal 200 ppm pada produk akhir.
1.  Gula
Penambahan gula terutama sukrosa dan glukosa selain sebagai substrat fermentasi untuk pertumbuhan bakteri asam laktat, juga berperan dalam pembentukan cita rasa dan tekstur sosis fermentasi. Gula sebagai bahan pengawet berfungsi sebagai nutrisi untuk pertumbuhan bakteri asam laktat yang akan memulai proses fermentasi. Gula yang ditambahkan akan difermentasi menjadi asam laktat oleh bakteri asam laktat dan menghasilkan flavor yang tajam. Gula yang ditambahkan secara tepat dapat mengaktifkan proses fermentasi dan mempercepat penurunan pH.
1.  Rempah-Rempah
Biji merica digunakan sebagai bumbu pemberi rasa dan aroma, karena rempah-rempah dapat menyamarkan makanan dengan penutup rasa makanan yang kurang enak. Selain itu juga berfungsi sebagai pengawet. Bawang putih merupakan bumbu yang sangat khas dalam pembuatan sosis fermentasi. Bawang putih mengandung antioksidan yang kuat dan dapat memperpanjang daya tahan sosis. Bawang putih dapat dipakai sebagai pengawet karena bersifat bakteriostatik. Lada biasanya digunakan pada semua tipe sosis fermentasi sebanyak 0,2-0,3% dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan Listeria monocytogenes.
1.  Kultur Starter
Mikroorganisme yang digunakan sebagai kultur starter pada umumnya dibagi menjadi dua grup, yaitu kelompok bakteri asam laktat, peran utamanya adalah bertanggung jawab terhadap proses asidifikasi dan kelompok mikroorganisme pembentuk flavor sering mampu mereduksi nitrat. Kelompok pertama terdiri atas Lactobacillus dan Pediococcus, yang kedua adalah kelompok Microccaceae, kapang.
Bakteri asam laktat yang digunakan sebagai kultur starter harus dapat memenuhi kriteria yaitu: 1) mampu bersaing dengan mikroorganisme lain, 2) memproduksi asam laktat secara cepat, 3) mampu tumbuh pada konsentrasi garam kurang dari 6%, 4) mampu bereaksi dengan  dengan konsentrasi kurang dari 100 mg/kg, 5) mampu tumbuh pada suhu antara 15-40˚C, 6) termasuk bakteri homofermentatif, 7) tidak menghasilkan peroksida dalam jumlah besar, 8) dapat mereduksi nitrit dan nitrat, 9) dapat meningkatkan flavour produk akhir, 10) tidak memproduksi senyawa asam amino, 11) dapat membunuh bakteri pembusuk dan patogen, dan 12) bersifat sinergis dengan senyawa starter lain.
Starter bakteri asam laktat yang banyak digunakan biasanya dari golongan Lactobacillus. Penggunaan kultur starter dalam pembuatan sosis fermentasi dilakukan untuk meningkatkan mutu produk produk dengan meningkatakan keamanan produk, memperpanjang umur simpan, dan menghasilkan produk yang konsisten.
Lactobacillus plantarum merupakan bakteri berbentuk batang, umumnya berukuran 0,7-1,0 sampai 3,0-8,0 mikron, tunggal atau dalam rantai-rantai pendek, dengan ujung yang melingkar. Organisme ini cenderung berbentuk batang pendek dalam kondisi pertumbuhan yang sesuai dan akan cenderung lebih panjang di bawah kondisi yang tidak menguntungkan. Bakteri ini termasuk homofermentatif dengan suhu minimum 10°C, maksimum 40°C dan optimum 30°C. Lactobacillus plantarum mampu memproduksi H2O2 dalam jumlah yang tinggi dan berfungsi sebagai antibakteri yang dapat menyebabkan adanya daya hambat terhadap pertumbuhan mikroorganisme lain.
1.  Selongsong
Selongsong adalah bahan pengemas sosis yang umumnya berbentuk silindris. Selongsong sosis dapat berfungsi sebagai cetakan selama pengolahan, pembungkus selama penanganan dan pengangkutan serta sebagai media display selama diperdagangkan. Penggunaan casing dalam pembuatan sosis bertujuan untuk membentuk dan menjaga stabilitas sosis serta melindungi dari kerusakan kimia seperti oksidasi, mikroba, atau kerusakan fisik seperti ketengikan.
Terdapat 5 jenis casing yang sering digunakan dalam pembuatan sosis yaitu alami, kolagen, selulosa, plastic, serta logam. Casing alami biasanya terbuat dari usus alami hewan, casing ini mempunyai keuntungan dapat dimakan, bergizi tinggi dan melekat pada produk, sedangkan kerugian dari casing ini adalah produk ini tidak awet. Casing kolagen biasanya berbahan baku dari kulit hewan besar, keuntungan dari jenis casing ini dapat diwarnai, bisa dimakan, dan melekat pada produk. Casing selulosa biasanya berbahan baku pulp. Keuntungan dari casing selulosa adalah dapat dicetak atau diwarnai dan murah. Kekurangan dari casing ini adalah sangat keras dan dianjurkan untuk tidak dimakan.
Proses pembuatan sosis fermentasi meliputi tahapan persiapan, chilling/ freezing, pemberian bumbu dan pencampuran, filling/ pengisian, fermentasi, pengasapan aging/ drying, dan penyimpanan.
1.    Persiapan
Pada tahap ini, dilakukan pemilihan daging yang baik kemudian dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Daging tersebut kemudian dicincang menjadi daging yang lebih halus. Dalam tahap ini harus dilakukan proses penanganan yang tepat agar daging tidak mengalami kontaminasi silang.
1.    Chilling/ Freezing
Pertumbuhan mikroorganisme dalam pangan dapat dicegah dengan cara penurunan suhu. Terdapat dua macam pengawetan dengan suhu rendah, yaitu pendinginan cara chilling dan deep-feezing (pembekuan pada suhu sangat rendah).
Pada pendinginan cara chilling, pangan ditempatkan pada suhu diatas titik beku air (diatas 0°C). Suhu di dalam alat pendingin rumah tangga adalah dalam kisaran 0-5°C. Pertumbuhan hampir semua mikroorganisme diperlambat dan beberapa diantaranya dapat mengalami kematian. Namun beberapa mikroorganisme tetap tumbuh lambat pada suhu tersebut dan spora bakteri tetap bertahan hidup.
Pada deep-freezing, pangan disimpan pada suhu -18°C atau lebih rendah lagi. Freezing tidak dapat mensterilkan makanan atau membunuh mikroorganisme pembusuk yang menyebabkan bahan atau produk rusak, melainkan hanya mampu menginaktifkan kerja dari enzim bakteri pembusuk, sehingga dapat memperlambat kerja dari mikroba pembusuk tersebut.
1.    Pemberian Bumbu dan Pencampuran
Bumbu-bumbu yang digunakan dalam pembuatan sosis adalah lada, pala ,bawang putih, gula dan garam. Jumlah dan variasi bumbu yang digunakan tergantung selera, daerah dan aroma yang dikehendaki. Setelah daging dicincang halus, bumbu-bumbu ditambahkan pada adonan daging cincang kemudian dicampur hingga merata. Sluri dibuat dari bumbu-bumbu dan garam menggunakan dua gelas air lalu dicampur merata. Penambahan air bertujuan untuk memecah curing agents, memfasilitasi proses pencampuran dan memberikan karakteristik tekstur dan rasa pada produk sosis.
1.    Filling/ Pengisian
Stuffing merupakan tahap pengisian adonan sosis ke dalam selongsong. Pengisisan adonan sosis ke dalam selongsong tergantung tipe sosis, ukuran kemudahan proses, penyimpanan serta permintaan konsumen. Pemasukan adonan sosis ke dalam casing menggunakan alat khusus (disebut stuffer) yang bertujuan membentuk dan mempertahankan kestabilan sosis.
1.    Fermentasi
Tahapan ini merupakan tahap peningkatan suhu sosis yang memungkinkan bakteri alami tumbuh dan bereaksi dengan daging. Fermentasi merupakan tahapan penting pada proses pembuatan sosis dan suhu yang tepat juga memainkan peran yang penting. Semakin tinggi suhu, maka semakin tinggi kecepatan pertumbuhan bakteri. Suhu pertumbuhan yang terbaik adalah suhu tubuh kita (36,6°C).
  1. Pengasapan
Pengasapan dilakukan pada suhu 70°C selama 30 menit, asap diusahakan menempel dan masuk ke dalam casing sehingga sosis berflavor asap. Pengasapan adalah suau cara pengawetan bahan makanan terutama pada daging dan ikan. Pengasapan dapat memberikan cita rasa khas, mengawetkan, dan memberikan warna yang khas.
1.    Aging/ Drying
Pengeringan merupakan suatu metode untuk mengurangi/ mengeluarkan sebagian air dari sosis dengan cara menguapkan air tersebut dengan menggunakan energi panas. Biasanya kandungan air sosis dikurangi sampai batas agar mikroba tidak dapat tumbuh didalamnya. Kadar air berpengaruh terhadap tekstur sosis. Pengeringan dapat menurunkan kandungan air dan menyebabkan pemekatan dari bahan-bahan yang ditinggal seperti karbohidrat, lemak, protein sehingga bahan pangan memiliki kualitas simpan yang lebih baik.
2.    Penyimpanan
Faktor yang mempengaruhi stabilitas penyimpanan dalam pangan meliputi jenis dan bahan baku yang digunakan, metode dan keefektifan pengolahan, jenis dan keadaan kemasan, perlakuan mekanis yang cukup berat dalam produk yang dikemas dala penyimpanan, dan distribusi dan juga pengaruh yang ditimbulkan oleh suhu dan kelembaban penyimpanan.
Mekanisme Reaksi Selama Proses Pembuatan Sosis Fermentasi
Dalam sosis fermentasi terdapat kandungan makromolekul seperti karbohidrat, protein, lemak dan fosfolipid. Karbohidrat akan mengalami metabolisme oleh mikroba sehingga dipecah menjadi asam-asam organik. Enzim yang terdapat pada daging akan memecah protein menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu peptida dan asam amino pada reaksi proteolisis. Sedangkan enzim lain yang juga terdapat pada daging akan memecah lemak dan fosfolipid menjadi asam lemak bebas pada reaksi hipolisis.
Asam-asam organik hasil pemecahan karbohidrat akan mempengaruhi rasa (taste) dari sosis. Asam lemak bebas yang berasal dari reaksi hipolisis (pemecahan lemak dan fosfolipid) akan mempengaruhi aroma (flavor) sosis. Sedangkan peptida dan asam amino hasil pemecahan protein akan mempengaruhi rasa dan aroma sosis.
Pengendalian Proses Pembuatan Sosis Fermentasi
Tahapan Proses 
Sosis Semi Kering 
Sosis Kering
Persiapan 
Suhu daging <7°C; pH <5.8; tidak ada kontaminasi silang
Chilling/Freezing 
Suhu daging <2°C
Pemberian Bumbu dan Pencampuran 
100-125 mg NaNO2/kg; Pediococcus acidilactici; Gula 0,5-0,8%; Aw 0,95
50-70 mg NaNO2/kg; Lactobacillus atau Pediococcus atau campuran Micrococcus dan Lactobacillus; Gula 0,3-0,5%; Aw 0,95
Fermentasi 
20-25°C; 2-3 hari; pH<5.3 
18-22°C; 3 hari; pH <5.3
Aging/Drying 
<15°C; RH 70-80%; Aw 0.93 
10-15°C; RH 70-80%; Aw <0.90
Penyimpanan 
<15°C 
<25°C 
Karakteristik Sosis Fermentasi
Sosis fermentasi yang telah jadi akan memiliki karakteristik pH yang asam, yaitu 4,8-5,3. Pada sosis kering (dry sausage) akan terjadi penurunan berat sebesar 60-70% dari berat awal setelah dilakukan proses fermentasi, sehingga kadar air akhir dari sosis kering yaitu 25-45% dengan ratio perbandingan antara air dan protein sebesar 2,3 : 1. Sedangkan pada sosis semi kering (semi dry sausage), kadar air pada akhir prosesnya yaitu 55-60% dengan ratio perbandingan antara air dan protein sebesar 3,7 : 1.
Pertumbuhan kapang, khamir atau bakteri pada permukaan sosis dapat menyebabkan kondisi permukaan berjamur atau berlendir. Hal ini dapat terjadi ketika sosis diperlakukan buruk dan dikeringkan. Kelembaban menjadi meningkat sehingga suhu penyimpanan berubah, terutama dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi. Permukaan yang berlendir dan berjamur ini adalah akumulasi besar sel mikroba yang dapat menyebabkan perubahan karakteristik pada produk akhir.
Manfaat Sosis Fermentasi
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pengkonsumsian sosis fermentasi, yaitu:
  • Mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dari nilai gizi bahan asalnya (mikroorganisme bersifat katabolik, memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna dan mensintesis vitamin kompleks dan faktor-faktor pertumbuhan badan lainnya, sebagai contoh vitamin B12, riboflavin, provitamin A)
  • Meningkatkan kesehatan dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga dapat menghindarkan dari berbagai macam penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan
Memiliki daya cerna yang tinggi sehingga mudah diserap dan dicerna oleh tubuh





DAFTAR PUSTAKA
Anonymous. 2009. Sosis. http://www.warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/pang- an/ipb/Sosis.pdf. Diakses tanggal 6 Mei 2011.
Anonymous. 2011. Pengolahan Pangan dengan Fermentasi. http://www.smallcrab. com/makanan-dan-gizi/878-pengolahan-pangan-dengan-fermentasi. Diakses tanggal 5 Mei 2011.
Anonymous. 2011. Sosis. http://www.eresep.com/29-Sosis.html. Diakses tanggal 6 Mei 2011.
Domowe, Wedliny. 2011. Traditional Fermented Sausages. http://www.wedliny- domowe.com/sausage-types/fermented-sausage/traditional. Diakses tanggal 28 Mei 2011.
Nursiam, I. 2011. Sosis Fermentasi: Salami. http://intannursiam.wordpress.com/2011/ 01/10/sosis-fermentasi-salami/. Diakses tanggal 5 Mei 2011.
Nursirwan, H. 2009. Kualitas Fisik, Kimia dan Organoleptik Salami Kandidat Probiotik Selama Penyimpanan Dingin. http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123 456789/36509/D09hnu1.pdf?sequence=1. Diakses tanggal 6 Mei 2011.
Pederson, C. S. 1971. Microbiology of Food Fermentations. The AVI Publishing Company, Inc. Westport, Connecticut.
Soeparno. 1992. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Syamsir, E. 2009. Mengenal Sosis. http://ilmupangan.blogspot.com/2009/05/menge- nal-sosis.html. Diakses tanggal 6 Mei 2011.
Umilatifah. 2011. Pengolahan Sosis. http://umilatifah29.wordpress.com/2011/05/13/ pengolahan-sosis/. Diakses tanggal 28 Mei 2011.
Widiantoko, R. 2010. Proses Pembuatan Sosis. http://lordbroken.wordpress.com/ 2010/08/27/proses-pembuatan-sosis/. Diakses tanggal 5 Mei 2011.